Daulay, Lestari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 13 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321035 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
409321035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409321035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409321035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
409321035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409321035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
409321035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409321035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
409321035 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409321035 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409321035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Negeri 13 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Yang masing-masing berjumlah 20 orang. Uji pra syarat tes yaitu harus memiliki daya beda, reliabel, tingkat kesukaran soal dan valid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,25 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41 dengan standar deviasi 10,89. Sehingga Lhitung<Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes diperoleh (-2,024 < 0,081 < 2,024), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 71,78 dengan kategori nilai CA. Kemudian masing-masing kelas diberikan postes. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,25 dengan standar deviasi 12,86 dan kelas kontrol 64 dengan standar deviasi 13,53. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,9 dan ttabel = 2,024, sehingga thitung > ttabel (2,9 > 2,024) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester Ganjil SMP Negeri 13 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Dau p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Inquiry; Terbimbing; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10403 |