Saanatun (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 1 AIR PUTIH T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321049 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409321049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
409321049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409321049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
409321049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409321049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409321049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409321049 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
409321049 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409321049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP Negeri 1 Air Putih T.P. 2013/2014 dan mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Air Putih yang berjumlah 210 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VII-9 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII-6 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 16 soal dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan t satu pihak.Hasil pretes nilai rata-rata kelas eksperimen 31,458 dengan standar deviasi 10,571 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 27,917 dengan standar deviasi 96,269. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung = 1,336, ttabel = 1,984 (thitung < ttabel), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai aktivitas siswa dalam dua kali pertemuan, yaitu 60,63, dan 78,75, sehingga rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,69 dengan kategori aktif. Nilai postes diperoleh dengan hasil rata- rata postes kelas eksperimen 74,793 dengan standar deviasi 9,764 dan nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Saa p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Cooperative Learning; STAD; DI; Peta Konsep; Zat; Perubahan; Kohesl; Adhesi; Kapilaritas; Massa Jenis Zat |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 10:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10402 |