PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DI SMA UISU MEDAN T.P. 2013-2014

Nasution, Anggi Marwina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DI SMA UISU MEDAN T.P. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409321007 COVER.pdf]
Preview
Text
409321007 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
409321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
409321007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 ABSTRACT ID.pdf]
Preview
Text
409321007 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 TABLES OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
409321007 TABLES OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 TABLES.pdf]
Preview
Text
409321007 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
409321007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
409321007 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
409321007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
409321007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 409321007 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
409321007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) serta pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak di kelas X semester I SMA Swasta UISU Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta UISU Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X-IPA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-IPS sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelas yang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) 75,30 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 63,63). Hasil uji t diperoleh thitung = 4,66 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel (4,66 >1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak di kelas X semester I SMA Swasta UISU Medan T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Nas p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; NHT; Konvensional; Gaya; Hukum Newton; Gaya Berat; Gaya Normal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 07:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item
View Item