PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VIII MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Sahmulia, Julham (2014) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VIII MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409311021 COVER.pdf]
Preview
Text
409311021 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 DAFTRA TABEL.pdf]
Preview
Text
409311021 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 DAFTRA DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
409311021 DAFTRA DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 BAB I.pdf]
Preview
Text
409311021 BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 BAB V.pdf]
Preview
Text
409311021 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 409311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIII4 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan pendekatan realistik, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar berbentuk essay test. Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 26,25 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 26,84. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh &#967;^2hitung < &#967;^2tabel yaitu 5,333518 < 7,815, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh X2hitung < &#967;^2tabel yaitu 1,58 < 7,815. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,16 < 1,727585. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 81,875 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 76,143. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh &#967;^2hitung < &#967;^2tabel yaitu 3,232953 < 7,815, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh &#967;^2hitung < &#967;^2tabel yaitu 6,345167 < 7,815. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,64 < 1,727585. Jadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I yaitu 55,625 atau sekitar 68% lebih besar dari pada peningkatan hasil belajar kelas eksperimen II yaitu 48,82 atau sekitar 64%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,3 > 1,996. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Realistik mempunyai perbedaan yang signifikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Al-jamiyatul Washliyah Tembung 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Sah p
Keywords: Pembelajaran; Kontekstual; CTL; Realistik; Linier; Persamaan; Dua Variabel; Model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item
View Item