Parapat, Irhamsyah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 GALANG T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321031 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409321031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409321031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409321031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409321031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409321031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
409321031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409321031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409321031 BAB I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409321031 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
409321031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui : hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada materi pokok zatdan wujudnya siswa di kelas VII semester 1 SMP Negeri 2 Galang. 2) Hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya siswa di kelas VII semester 1 SMP Negeri 2 Galang. 3) Peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi pokok Zat dan wujudnya di kelas VII Semester 1 Negeri 2 Galang. 4) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa Konvensional pada materi pokok Zat dan wujudnya di kelas VII Semester 1 Negeri 2 Galang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelasVII SMPNegeri 2 Galang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-C dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Learning Cycle dan kelas VII-A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Pembelajaran Learning Cycle. Nilai rata-rata pretes kelas Learning Cycle adalah 43,75 dan pada kelas konvensional 41,25. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan Pembelajaran Learning Cycle sebesar 79,531.Kelas pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 73,594. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,946 > 1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan pengaruh model Pembelajaran Learning Cycle terhadap belajar fisika pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP Negeri 2 GalangT.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Par p |
Keywords: | Pembelajaran; Learning Cycle; Hasil Belajar; Zat; Partikel; Cair; Gas; Gaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10368 |