Ginting, Fajrul Wahdi (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 40 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121048 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408121048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408121048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
408121048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408121048 DAFTRA ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
408121048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408121048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408121048 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408121048 BAB I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
408121048 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
408121048 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408121048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII Semester I SMP Negeri 40 Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi pokok besaran dan satuan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti, terlebih dahulu tes di uji validitas tes secara validitas isi oleh dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika di sekolah SMP Negeri 40 Medan.Dari analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,28 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 40,42. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 75,57 sedangkan nilai rata-rata postes pada kelas kontrol sebesar 65,00. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,176 > 1,668 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh strategi pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII Semester I SMP Negeri 40 Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Gin p |
Keywords: | Siswa; Besaran; Satuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10367 |