Rahmi, Laily (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110022 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
071244110022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
071244110022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
071244110022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071244110022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
071244110022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
071244110022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071244110022 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071244110022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
071244110022 BAB I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
071244110022 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
071244110022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah matematika setelah diajar dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik dan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Panyabungan yang berjumlah 42 siswa. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian ini melalui observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian, disetiap akhir siklus diberikan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 31 orang dari 42 siswa (73,81%) yang memeperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedang ke atas (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata 77,43. Pada siklus II diperoleh 37 orang dari 42 siswa (88,10%) yang memeperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedang ke atas (mencapai ketuntasan belajar) denga rata-rata kelas 84,45. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 6 orang siswa (14,29%) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 7,02. Berasarkan hasil observasi yang dilakukan observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dikategorikan baik dengan nilai rata-rata pada kegiatan awal 2,625, kegiatan inti 2,55 dan kegiatan akhir 2,75. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata pada kegiatan awal 3,125, pada kegiatan inti 3,025 dan kegiatan akhir 3,75. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasa sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 6 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | Pembelajaran; Matematika Realistik; Matematika; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10296 |