Syahfitri, Rani (2012) PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS XI SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321045 Judul.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408321045 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (0B)
408321045 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (0B)
408321045 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
408321045 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
408321045 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408321045 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408321045 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408321045 Bab I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408321045 Bab V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408321045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model siklus belajar(Learning Cycle) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas XI semester I SMA Negeri 4 Pematangsiantar T.A. 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 4 Pematangsiantar T.A. 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas XI IA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan.Pada kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,71 dengan standar deviasi 8,66 dan nilai rata-rata kelas kontrol 34,29 dengan standar deviasi 8,50. Pada pengujian normalitas di peroleh pada kelas eksperimen dengan dan untuk kelas kontrol,sehingga di peroleh maka data kedua kelas normal berdistribusi normal.Pada uji homogenitas data pretes di peroleh ,sehingga ,maka kedua sampel berasal dari kelompok homogen.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model siklus belajar(Learning Cycle) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai,diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,57 dengan standar deviasi 7,51 dan kelas kontrol 67,43 dengan standar deviasi 7,89.Besar peningkatan hasil postes kelas eksperimen yaitu sebesar 65 %. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,72 dan ttabel = 1,66, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model siklus belajar(Learninng Cycle) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester I SMA Negeri 4 Kota Pematangsiantar T.A. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sya p |
Keywords: | Belajar; hasil belajar; Model Pembelajaran; Siklus Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10294 |