PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 BINJAI

Tarigan, Andreas Kurnia (2012) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0510310785 COVER.pdf]
Preview
Text
0510310785 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 510310785 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
510310785 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
0510310785 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 510310785 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
510310785 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
0510310785 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
0510310785 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
0510310785 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
0510310785 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 BAB I.pdf]
Preview
Text
0510310785 BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 BAB V.pdf]
Preview
Text
0510310785 BAB V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 0510310785 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
0510310785 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMA negeri 3 Binjai, yang terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah siswa 278 orang. Sampel yang digunakan terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas control. Perlakuan yang dilakukan adalah pembelajaran Hidrokarbon dengan penggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) untuk kelas eksperimen dan pendekatan konvensional untuk kelas kontrol. Parameter yang digunakan adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Hidrokarbon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang telah di uji coba validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Dari 35 soal yang diujikan ada 25 soal yang valid, dari 25 soal tersebut mempunyai reliabilitas sebesar 0,503, dari 25 soal yang valid mempunyai daya beda pada kategori baik ada 17 item kategori cukup ada 3 item kategori jelek ada 5 item dan mempunyai tingkat kesukaran dengan kategori mudah 6 item, kategori sedang 16 item dan kategori sukar 3 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4, 096 ˃ t table = 1,98. Berarti Ho ditolak, Ha diterima sehingga ada pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 3 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Tar p
Keywords: Populasi;Semple; Penelitian
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item
View Item