HARAHAP, ILHAM HAKIKI (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOSISTEM DI KELAS 10 MAN 2MODEL MEDAN TAHUN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141073 Cover.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
408141073 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
408141073 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
408141073 Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
408141073 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
408141073 Bab I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
408141073 Bab V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408141073 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 10 Semester II MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 272 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas 10.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas 10.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan untuk mengamati aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Hasil penelitian dengan melakukan pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda di kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 52,9 dengan standar deviasi 9,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,2 dengan standar deviasi 10,4. Setelah diadakan pengujian data prestest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data pretest diperoleh thitung= 0,29 dan ttabel= 1,9 sehingga thitung<ttabel ( 0,29 < 1,9 ), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diketahui bahwa kemampuan awal siswa sama maka selanjutnya diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan mind map dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Pada saat diberikan perlakuan dengan menggunakan peta pikiran dilakukan juga pengamatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 79,5 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,3 dengan standar deviasi 11,6 dan kelas kontrol 64,7 dengan standar deviasi 11,1. Setelah diadakan pengujian data postest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diadiakan pengolahan selanjutnya yaitu hasil uji t diperoleh thitung= 4,22 dan ttabel= 1,9 , sehingga thitung>ttabel (4,22 > 1,9) maka H diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan mind map dengan persentase peningkatan sebesar 14,8 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Har p |
Keywords: | abitik;Biotik; Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10275 |