Prayogi, Riau (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341046 COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408341046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
408341046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
408341046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
408341046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
408341046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
408341046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
408341046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
408341046 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
408341046 BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
408341046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
408341046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 72 siswa, terdiri dari dua kelas. Karena seluruh populasi dijadikan sampel, maka sampelnya adalah sampel total. Satu kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Instrumen penelitian menggunakan 30 soal tes. Jenis penelitian merupakan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebesar ( ; SD = 7,75) sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebesar ( ; SD = 8,74). Uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (thitung 2,48  ttabel 1,66 ). Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012 dan berbeda secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pra s |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa; Model Pembelajaran Group Investigation; Think Pair Share; Reproduksi Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10225 |