Tarigan, Erli Kasna (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI DAUR BIOGEOKIMIA DI SMA SWASTA GBKP KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141061 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408141061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408141061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408141061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
408141061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408141061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408141061 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD)materi Daur Biogeokimiadi SMA Swasta GBKP Kabanjahe T.P 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta GBKP Kabanjahe kelas X yang berjumlah 114 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak terdiri atas dua kelas dimana satu kelas menjadi kelas eksperimen I dengan monerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sedangkan pada kelas lainnya merupakan kelas eksperimen II dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan instrumen yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa berupa tes objektif sebanyak 20 soal pilihan berganda yang telah valid dan reliabel.Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil pretes dan postes dari kedua kelas penelitian dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Untuk pengujian hipotesis diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I (TPS) sebesar 82,11 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) sebesar 77,78. Dengan menggunakan nilai rata-rata diketahui harga thitung = 1,85 Sedangkan untuk harga ttabel dengan dk (N-2) = 2,00. Karena thitung<ttabel (1,85 < 2,00 ) maka dalam penelitian ini Haditolak sekaligus menerima H0 yang berartitidak ada perbedaan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) pada Sub Materi Pokok Daur Biogeokimia di Kelas X SMA Swasta GBKP Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2011/2012. Ini berarti pembelajaran dengan menggunakan model TPSmaupun STAD sama-sama efektifdigunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Tar p |
Keywords: | Populasi;Sampel; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10207 |