L.Tobing, Lidya Afriani (2012) EFEKTIVITAS MIND MAPPING SEBAGAI CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBMATERIPOKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BANDAR KALIPAH TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141081 Cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408141081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408141081 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
408141081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408141081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408141081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408141081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408141081 BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
408141081 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
408141081 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada submateri poko struktur dan fungsi sel kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Kalipah tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Kalipah yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas Eksperimen (XI IPA1) 40 siswa dan kelas Kontrol (XIIPA2) 39 siswa yang diambil seluruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 30 soal dari 50 soal yang telah divalidasi terlebih dahulu. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,08 sedangkan kelas kontrol adalah 66,58. Dari hasil uji t(1-1/2 α) diperoleh thitung > ttabel (5,59 > 1,99) yang berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti bahwa Mind Mapping lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Kalipah tahun pembelajaran 2012/2013 dibandingkan dengan teknik mencatat linier. Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan agar para guru dapat menggunakan teknik mind mapping sebagai salah satu teknik dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Lum e |
Keywords: | Populasi ;Sampel; Mind mapping; effectiveness; learning result |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10196 |