Nasution, Donggur Syarifah (2012) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN T. P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410005 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
0812444100005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
081244410005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244410005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
081244410005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244410005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244410005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244410005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244410005 BAB I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
081244410005 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
081244410005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMP Swasta AL-ULUM Medan ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa terhadap materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta AL-ULUM Medan yaitu sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 200 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu Kelas VIII-4 dan Kelas VIII-5 masing-masing sebanyak 39 siswa dengan melakukan evaluasi untuk mengukur kesulitan belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diadnostik pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.Hasil penelitian yang didapat setelah dilakukan analisis data menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada ranah kognitif dari aspek pengetahuan (C-1) sebesar 22,43% berada dalam kategori kesulitan sedang, pemahaman (C-2) sebesar 29,74% berada dalam kategori kesulitan sedang, penerapan (C-3) sebesar 40,26% berada dalam kategori kesulitan tinggi, analisis (C-4) sebesar 40,77% berada dalam kategori kesulitan tinggi, evaluasi (C-5) sebesar 48,97% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, dan kreasi (C-6) sebesar 41,99% berada dalam kategori kesulitan tinggi, (2) persentase kesulitan belajar siswa dari indikator pembelajarannya pada indikator ke-1 sebesar 35,90% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator ke-2 sebesar 37,95% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada idikator ke-3 sebesar 38,72% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator ke-4 sebesar 22,22% berada dalam kategori kesulitan sangat sedang, pada indikator ke-5 sebesar 30,34% berada dalam kategori kesulitan sedang, pada indikator ke-6 sebesar 54,27% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, dan pada indikator ke-7 sebesar 39,74% berada dalam kategori kesulitan sangat tinggi, (3) persentasi jawaban tiap kelompok siswa yang sudah paham sebesar 37,00%, miskonsepsi sebesar 26,66%, dan tidak paham sebesar 36,34%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Nas a |
Keywords: | Diagnosa; Akar;Batang;Daun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10193 |