Alimatullah, Nur (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANTAI LABU T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 408141094 Cover.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2 408141094 Lbr Pengesahan Asli.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3 408141094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4 408141094 Abstrak n Abstract.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5 408141094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6 408141094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7 408141094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9 408141094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
10 408141094 BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
11 408141094 BAB V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
12 408141094 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13 408141094 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik pencatatan peta pikiran pada materi pokok Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 2 Pantai Labu Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIISMP Negeri 2 Pantai Labu yang terdiri atas tiga (3) kelas, yaitu kelas VII1 yang berjumlah 38 siswa, kelas VII2 yang berjumlah 37 siswa dan kelas VII3 yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas VII2 yang berjumlah 37 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling yaitu penarikan sampel berkelompok dengan proses pengacakan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengambilan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda, yang terdiri dari 20 item soal.Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga kriteria yaitu (1) Ketuntasan belajar siswa, (2) Ketuntasan pencapaian indikator pembelajaran, dan (3) Tingkat penguasaan siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Dari 37 orang sampel terdapat 33 orang (89,1 %) yang telah tuntas belajar. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. (2) Dari 2 indikator yang telah diterapkan,semuanya telah tercapai dengan rata-rata 75,70 %. (3) Tingkat penguasaan siswa dari 37 orang, terdapat 1 orang atau 2,70 % yang mempunyai tingkat penguasaan yang sangat tinggi, ada 24orang atau64,87% yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 8 orang atau 21,62 % yang mempunyai tingkat penguasaan sedang, dan ada 4 orang atau 10,81% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat rendah, maka secara klasikal siswasudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan tinggi.Berdasarkan keefektifan pada penelitian ini, dinyatakan bahwa Teknik Pencatatan Peta Pikiranefektif digunakan pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 2 Pantai Labu Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Ali e |
Keywords: | Pembelajaran; Populasi; Sampel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10187 |