Sihombing, Daniel A (2012) PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR KALIPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141044 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
408141044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
408141044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408141044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408141044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408141044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408141044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408141044 BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408141044 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio aktivitas dan prestasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT pada subyek virus di SMA kelas X Negeri 1 Bandar kalipah di Kabupaten Serdang Bedagai AY 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar Kalipah sedangkan sampel diambil oleh dua kelas, yaitu kelas X-1 dan kelas X-1 yang diambil secara acak di mana X-1 kelas diajarkan oleh STAD sementara X-2 kelas diajarkan oleh NHT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes obyektif 25 pertanyaan dari 40 pertanyaan yang telah diuji validitasnya.Ada dua jenis data penelitian berupa data kualitatif (kegiatan mahasiswa) dan data kuantitatif (prestasi belajar). Untuk kegiatan Data disajikan sebagai persentase dari aktivitas individual dan dalam gaya klasik yang untuk kelas diajarkan oleh STAD memiliki aktivitas sebesar 74% sedangkan kelas diajarkan oleh NHT di 81%. Untuk data prestasi belajar dimulai dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang telah terdistribusi normal dan homogen kemudian dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Prestasi belajar rata-rata kelas NHT adalah 80.11 sedangkan kelas STAD adalah 75,47.Peningkatan prestasi siswa kelas kelas NHT 41,90 unit sedangkan kelas STAD 36,00 unit. Dengan demikian, perbedaan avhievement belajar meningkat kelas dua kelas 5,90 unit. Dari hasil uji t (α 1-1/2) diperoleh thitung> ttabel (2.12> 2.00) yang berarti bahwa Ho ditolak pada saat yang sama menerima Ha yang berarti ada perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh pembelajaran kooperatif model STAD jenis dan NHT pada subyek virus di kelas X SMA Negri 1 Bandar Kalipah di Kabupaten Serdang Bedagai AY 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sih p |
Keywords: | Populasi ;Sampel;STAD, NHT; activities; learning achievement |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10186 |