Hasanah (2012) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM SARAF DI KELAS XI SMA NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
081244410009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
081244410009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
081244410009 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
081244410009 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
081244410009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf di kelas XI dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf di kelas XI SMA Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 150 orang. Sampel diambil secara purposive yaitu dua kelas, XI IPA3 dan XI IPA4 yang memiliki rata-rata hasil belajar <70. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi sistem saraf dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) sebesar 42,86% yang dimasukkan ke dalam kategori tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pemahaman (C2) sebesar 37,14% yang dimasukkan ke dalam kategori tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat penerapan (C3) sebesar 44,65% yang dimasukkan ke dalam kategori tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat analisis (C4) sebesar 44,72% yang dimasukkan ke dalam kategori tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat sintesis (C5) sebesar 32,86% yang dimasukkan ke dalam kategori sedang, dan persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat kreasi (C6) sebesar 27,14% yang dimasukkan ke dalam kategori sedang. Sedangkan persentase kesulitan kesulitan belajar siswa dari aspek indikator pembelajarannya pada indikator-1 sebesar 37,77% dimasukkan ke dalam kesulitan tinggi, pada indikator-2 sebesar 41,07% dimasukkan ke dalam kesulitan tinggi, pada indikator-3 sebesar 45,43% dimasukkan ke dalam kesulitan tinggi, dan pada indikator-4 sebesar 41,07% dimasukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang mendukung pada materi sistem saraf yaitu faktor intelegensi, minat, motivasi, dan materi pelajaran dan faktor lainnya seperti kesehatan, psikiatik, lingkungan keluarga dan media kurang mendukung dalam menyebabkan kesulitan belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 574.071 Has a |
| Keywords: | Populasi; Sampel; Instrumen |
| Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
| Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10182 |
