Suwina, Rini (2012) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341047 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408341047 LEMBAR PENGESAHAN'.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
408341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408341047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408341047 BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408341047 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan yang signifikan untuk hasil belajar siswa yang diberlakukan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Laksamana Martadinata Medan yang berjumlah 9 kelas yakni sebanyak 360 siswa dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa yaitu kelas X-1 dan X-2. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (86,5) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (74,4). Berdasarkan penelitian ini maka perlu dipikirkan untuk aplikasi model pembelajaran kooperatif ini dalam pengajaran materi biologi lain atau untuk materi pelajaran di bidang studi lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10161 |