Larasati, Tyas (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SUB MATERI POKOK ALAT INDERA PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341060 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408341060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408341060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
408341060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
408341060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
408341060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408341060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408341060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408341060 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
408341060 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
408341060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
408341060 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Salah satu cara adalah dengan jalan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada sub materi pokok alat indera pada manusia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa tes hasil belajar sebanyak 32 soal, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kesesuaian RPP dengan pelaksanaannya. Dari hasil analisis belajar, terdapat peningkatan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa-siswi dalam setiap siklus. Nilai rata-rata siklus I dan II berturut-turut adalah 63,125 (ketuntasan klasikal 62,5%) dan 76,25 (ketuntasan klasikal 85%). Dari hasil observasi, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa secara individual dari nilai rata-rata keseluruhan 51,25 meningkat menjadi nilai rata-rata keseluruhan 77,19 sehingga peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 25,94 dan peningkatan aktivitas siswa secara kelompok pada saat diskusi dari nilai rata-rata 63,61 meningkat menjadi nilai rata-rata 78,47 sehingga peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 14,86. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada sub materi pokok alat indera pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Lar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa; Kooperatif tipe NHT; Alat Indera Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10157 |