Panggabean, Friska M.R. (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IA SMA SWASTA TELADAN P.SIANTAR T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141067 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
401841067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
408141067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
408141067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
408141067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408141067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141067 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141067 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
408141067 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408141067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IA SMA Swasta Teladan Pematangsiantar dengan menerapkan strategi belajar Peta Konsep pada mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA-3, berjumlah 44 orang SMA Swasta Teladan Pematangsiantar T.P 2011/2012. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Pada siklus I, materi ajar “Struktur dan Fungsi Sel Saraf”, bentuk tindakan strategi belajar peta konsep setelah mendapat penjelasan langkah-langkah strategi belajar peta konsep dari guru dan siswa ditugaskan membuat peta konsep pada buku catatan sesuai penjelasan guru. Siklus II, materi ajar “Susunan Sistem Saraf dan Kelainannya”, bentuk tindakan dengan memberikan contoh (model) peta konsep, kemudian siswa melanjutkan strategi pemetaan konsep untuk konsep-konsep yang lebih spesifik.
Parameter hasil belajar diukur menggunakan teknik persentase ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal. Rata-rata hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I adalah 65,86 dan hasil belajar setelah tindakan siklus II adalah 75,93. Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,07. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 54,55 % (24 orang siswa/tuntas) dan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 99,91% (40 orang siswa/tuntas). Tindakan dihentikan pada siklus II dengan tercapainya indikator ketuntasan. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pada siklus I (63,5) ke siklus II (90,25). Hasil penelitian membuktikan, bahwa pembelajaran mata pelajaran biologi menggunakan strategi belajar Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pan e |
Keywords: | Strategi Belajar; Pemetaan Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10151 |