Sarah, Siti Nur (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CIRC(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI RAMPAH TAHUN PEMBE. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410031 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
081244410031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
081244410031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
081244410031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
081244410031 DAFTAR GMBAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
081244410031 BAB 1.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
081244410031 BAB 5.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
081244410031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
081244410031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan NHT (Numbered Head Together) pada sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI IPA SMAN 1 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester 2 SMAN 2 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 160. Sedangkan sampel diambil dengan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif) sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 2 sebagai kelas CIRC dan XI IPA 3 sebagai kelas NHT yang masing-masing berjumlah 40 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen.Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas CIRC sebesar 69.22 dengan Standard Deviasi 8,24, sedangkan pada kelas NHT sebesar 74.89 dengan Standard Deviasi 7,32 sehingga diketahui peningkatan rata-rata nilai postes kelas CIRC dibandingkan kelas NHT adalah 6,07%. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0.05, dimana thitung ≥ ttabel , (3,258 ≥ 1,994 ) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaaan yang signifikan secara statistik dimana kelas NHT lebih tinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan model CIRC pada sub Materi Pokok Sistem Indera Pada Manusia di Kelas XI IPA SMAN 1 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sar p |
Keywords: | Populasi; Sample; Variabel |
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10126 |