Nasution, Khairun Nuri Hayumi (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X SEMESTER GENAP DI MAN 1 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310012 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
081244310012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
081244310012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
081244310012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
081244310012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081244310012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244310012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
081244310012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
081244310012 BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
081244310012 BAB V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
081244310012 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui aspek kognitif yang paling terkembangkan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 1 Medan yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 383 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 38 siswa dengan teknik pupossive sampling sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan kelas yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran konvensional.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan uji Chi-kuadrat dan homogenitas tes dengan menggunakan uji F. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah =85,58 dan S1= 5,67 sedangkan hasil belajar untuk kelas kontrol adalah =73,05 dan S1= 5,58. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung sebesar 4,405 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 74, sehingga thitung> ttabel, Maka Ha diterima.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe team Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nas p |
Keywords: | Kooperatif tipe TGT; Hasil Belajar; Siswa; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10101 |