Silalahi, Sumitro (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN LARUTAN BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWADI KELAS XI SMA SWASTA PGRI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320005 COVER.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
071244320005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
071244320005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
071244320005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
071244320005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
071244320005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
071244320005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
071244320005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
071244320005 BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
071244320005 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
071244320005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan asam basa. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 12 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 12 Medan yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sebanyak dua kelas. Kedua kelas kelas tersebut memiliki kemampuan yang heterogen. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 33,5 dan kelas kontrol 33,5. Sedangkan pada data pos-test diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen 80,3 dan kelas kontrol 72,7. Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah 71 % dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Konvensional adalah 48 %. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 13,4 > 1,7 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Besar perbedaaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 23 %. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Larutan Asam Basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sil p |
Keywords: | Kooperatif tipe STAD; Larutan; Asam Basa; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10093 |