Simanullang, Mery Rohani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGTERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA N 1 TIGANDERKET. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320022 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
071244320022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
071244320022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
071244320022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
071244320022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
071244320022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071244320022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071244320022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
071244320022 BAB I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
071244320022 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
071244320022 AFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071244320022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tiganderket Kabupaten Karo pada kelas X dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas Xa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen (pengajaran dengan quantum teaching) dan kelas Xb sebagai kelas kontrol (pengajaran konvensional) dengan jumlah masing-masing tiap kelas 40 siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom yang akan diketahui melalui kemampuan siswa mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Pada uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data berasal dari populasi yang berdistribusi normal, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data telah homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata nilai pre-test siswa kelas eksperimen sebesar 49,5 ± 10.11, post-test sebesar 77.40 ± 7,84. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pre-test 49,0 ± 9,20 dan post-test 67,25 ± 7,98. Berdasarkan hasil analis analisis uji-t satu pihak, diperoleh thitung =5,66 dan ttabel= 1,684 pada taraf dengan dk = 78, berarti thitung > ttabel. Dari hasil analisis data diperoleh rata- rata nilai gain kelas eksperimen 0,552 dan rata- rata nilai gain kelas kontrol 0,358. Dari hasil tersebut dapat diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dikelas eksperimen 55,2% dan dikelas kontrol 35,8%, dengan selisih peingkatan hasil belajar sebesar 19,4 % jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen tergolong tinggi, sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, model pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh hasil belajar kimia yang lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sim p |
Keywords: | Quantum Teaching; Struktur Atom; Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10092 |