Juwairiah (2012) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (ULEAD VIDEO STUDIO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER (SIKAP) SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI KELAS X SEMESTER GANJIL T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331026 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408331026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
408331026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408331026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408331026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408331026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408331026 DAFTYAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408331026 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408331026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408331026 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408331026 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408331026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408331026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Ulead Video Studio terhadap hasil belajar kimia dan karakter (sikap) siswa pada materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Sampel diambil secara acak (random sampling) sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis komputer (Ulead Video Studio) dan X-5 sebagai kelas kontrol yang diberi pengajaran secara konvensional yang masing-masing kelas terdiri dari 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Berdasarkan data hasil belajar, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen sebesar 0,560 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,241. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 56% dan kelas kontrol sebesar 24,1%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,62 > 1,6723 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 58. Hal ini berarti terima Ha yang berarti penerapan media pembelajaran berbasis komputer (ulead video studio) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi Struktur Atom di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013. Selain itu, hasil angket kelayakan Media dari siswa sebesar 93,23% dan dari Dosen, ahli IT dan Guru kimia sebesar 85,08% menunjukkan media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan tingkat kelayakan sangat tinggi. Berdasarkan hasil angket karakter siswa yang diisi oleh siswa sendiri pada akhir pokok bahasan yaitu dengan rata-rata 81,24% pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata hanya 58,59%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 31,4 > 1,6723 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 58. Hal ini berarti terima Ha yang berarti penerapan media pembelajaran berbasis komputer (ulead video studio) dapat meningkatkan karakter (sikap) siswa pada materi Struktur Atom di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Juw p |
Keywords: | Hasil Belajar; Karakter; Siswa; Struktur Atom; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10085 |