Nainggolan, Deddy Rudianto (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244310007 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
071244310007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071244310007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
071244310007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
071244310007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071244310007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
071244310007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
071244310007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
071244310007 BAB I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
071244310007 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071244310007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan,yang berjumlah 6 kelas dengan 40 siswa perkelas. Dengan melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja sebagai kelas eksperimen 1 dan model pembelajaran kooperatif NHT sebagai eksperimen 2.Data Penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, dan lembar observasi.Jumlah instrument tes sebanyak 20 soal.Untuk instrument telah dilakukan uji kelayakan sebelum digunakan dalam penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja memberikan hasil belajar yang lebih baik sebesar (84,13 ± 5,761) dan peningkatan hasil belajarnya sebesar 81,2%, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media Kartu Kerja sebesar (71,75 ± 6,050) dan peningkatan hasil belajarnya sebesar 74%. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan dimana thitung > ttabel (3,2080 > 1,6671), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.Aktivitas siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media Kartu Kerja diperoleh adanya korelasi positif antara aktivitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar = 0,542. Sementara itu untuk siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media Kartu Kerja diperoleh adanya korelasi negative antara aktivitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar = -0,34.Disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa. Efektivitas Pengaruh Model Pembelajaran NHT dengan Media Kartu Kerjaterhadap hasil belajar yaitu sebesar 9,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nai p |
Keywords: | Kooperatif tipe Numbered Head Together; Media Kartu; Hasil Belajar Kimia; Siswa, Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10079 |