Nasution, Isna Sapitri (2012) PENGARUH PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MELALUI BAHAN AJAR KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 2 MODEL MEDAN KELAS XI SEMESTER GENAP T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131058 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408131058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
408131058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408131058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
408131058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408131058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408131058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408131058 DATAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408131058 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408131058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408131058 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408131058 BAB I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan berpikir kritis melalui bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan yakni sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu menguji tingkat kelayakan bahan ajar dan diperoleh tingkat kelayakan bahan ajar 88,75% termasuk dalam kualifikasi baik. Ada dua perlakuan yang diujicobakan yaitu kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan pengembangan berpikir kritis dan kelas kontrol diberi pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dipakai di MAN 2 Model Medan.Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa thit > ttabel atau 4,17 > 1,672 ,artinya ada interaksi antara bahan ajar dengan pengembangan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan bahan ajar dengan pengembangan berpikir kritis memberikan rataan peningkatan (0,72 ± 0,011) lebih tinggi dengan menggunakan bahan ajar yang dipakai di MAN 2 Model Medan (0,63 ± 0,006). Pada uji korelasi, terdapat hubungan korelasi positif antara pengembangan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebesar 0,367.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nas p |
Keywords: | Berfikir Kritis; Kelarutan; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10076 |