Tanjung, Revi Maylina (2012) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131082 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408131082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
408131082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408131082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408131082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408131082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408131082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408131082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408131082 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408131082 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408131082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408131082 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode Learning Start With A Question, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 7,606 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0,05 dan db = 69. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 65,61% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 53,23%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan metode Learning Start With A Question pada pokok bahasan Sistem Koloid , maka diharapkan metode pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Tan p |
Keywords: | Metode Mengajar; Metode Learning Start With A Question; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10072 |