PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Tanjung, Revi Maylina (2012) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408131082 COVER.pdf]
Preview
Text
408131082 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408131082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408131082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408131082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 BAB I.pdf]
Preview
Text
408131082 BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 BAB V.pdf]
Preview
Text
408131082 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 408131082 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
408131082 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode Learning Start With A Question, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 7,606 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0,05 dan db = 69. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 65,61% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 53,23%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan metode Learning Start With A Question pada pokok bahasan Sistem Koloid , maka diharapkan metode pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Tan p
Keywords: Metode Mengajar; Metode Learning Start With A Question; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item
View Item