Sihombing, Lia Junita (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121064 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408121064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408121064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
408121064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
408121064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408121064 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408121064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408121064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408121064 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408121064 BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
408121064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gaya dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis peta konsep pada materi pokok gaya.Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan berjumlah 251 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII7 jumlah siswa 34 orang dan kelas VIII6 jumlah siswa 34 orang. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest Postest Design. Kelas VIII7 menggunakan model pembelajaran cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep (eksperimen) dan kelas VIII6 menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol). Instrumen yang digunakan tes hasil belajar serta hasil observasi aktivitas. Tes diuji validitas isi dan validitas ramalan menggunakan rumus product moment. Tes yang valid 20 soal dengan ketentuan rhitung > 0,339. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan diperoleh hasil r11 sebesar 0,81. Teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas diperoleh data terdistribusi normal. Data pretes kedua kelas diuji homogenitasnya, diperoleh kedua kelas homogen. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t-sampel independen. Hasil pengujian sig. < α (0,047 < 0,05) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 75, 73 dan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 71,75 dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa dan ada peningkatan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep pada materi pokok gaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sih p |
Keywords: | Variabel; Analisis; Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10060 |