Handayani, Hilda (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA KOLOID SISWA KELAS XI SMAN 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331023 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
408331023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa media, pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media peta konsep dan pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian adalah 3 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 (eksperimen I = Pembelajaran kooperatif STAD tanpa media), kelas XI IPA 2 (eksperimen II= Pembelajaran kooperatif STAD dengan media peta konsep) dan kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen III = pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout) yang masing-masing kelas bejumlah 36 orang diambil secara purpossive sampling. Kemudian menetapkan siswa yang homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 24 orang siswa. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan hipotesis pertama menggunakan Anava satu jalur, jika hipotesis diterima maka hipotesis kedua, ketiga dan keempat dilanjutkan dengan uji BNT (LSD). Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data gain diperoleh Fhit 3,794 sedangkan Ftab 3,13 jadi didapat bahwa Fhitung > Ftabel, makaHa diterima dan Ho ditolak. Berarti hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran kooperatif STAD memberikan hasil yang signifikan. Dari hasil perhitungan dengan uji BNT diperoleh bahwa hasil belajar yang paling tinggi adalah pembelajaran kooperatif STAD media handout dan hasil belajar paling rendah adalah pembelajaran koopertif STAD media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Han p |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia; Media Pembelajaran; Siswa; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10057 |