Fahmi, Jam'an (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131059 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408131059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
408131059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
408131059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408131059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408131059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408131059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408131059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408131059 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
408131059 BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408131059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok menggunakan media peta konsep dan kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok.Nilai rata-rata gain untuk siswa kelas eksperimen 1 (0,485 ± 0,263) dan untuk siswa kelas eksperimen 2 (0,281 ± 0,203). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 5,381 serta nilai ttabel sebesar 1,995 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 74, sehingga - thitung < ttabel < thitung. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 ini sebesar 48,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 ini sebesar 28,1%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pada materi pokok koloid. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Fah p |
Keywords: | Kooperatif; Investigasi Kel;ompok; Hasil Belajar; Siswa; Media Peta Konsep; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10045 |