Sinaga, Evi Christina (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409631002 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409631002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
409631002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409631002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
409631002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409631002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409631002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409631002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409631002 BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
409631002 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409631002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan penggunaan media peta pikiran pada metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan tanpa penggunaan media peta pikiran pada metode pembelajaran yang sama di kelas X semester 2 SMA. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMA negeri 6 Binjai tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 64 orang yang berada pada dua kelas. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media peta pikiran dengan metode pembelajran bersifat kooperatif tipe think-pair-share dan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajran bersifat kooperatif tipe think-pair-share namun tanpa penggunaan media peta pikiran. Untuk memperoleh data hasil belajar tersebut digunakan objektif test sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban.Hasil yang diperoleh: nilai rata-rata pretest = 22,1875 dan post-test= 68,125 pada kelas eksperimen; Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test = 24,5313 dan post-test = 48,4375. Persentase efektivitas didapat sebesar 67,43%; dari hasil uji statistik t pada taraf signifikansi α= 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media peta pikiran pada pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dibandingkan dengan hasil bejarar siswa yang diajar tanpa menggunakan media peta pikiran pada pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share;dan dari hasil perhitungan uji statisik chi kuadrat factorial 2x2 menujukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan menggunakan media peta pikiran berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar kimia siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sin p |
Keywords: | Media Peta Pikiran; Cooperative Learning; TPS; Hasil Belajar Kimia; Siswa; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10044 |