Sihotang, Yunita Elina (2012) PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN T.A. 2011/2012 PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131104 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408131104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
408131104 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408131104 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408131104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408131104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408131104 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408131104 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408131104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408131104 BAB I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408131104 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408131104 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408131104 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Model Medan yakni sebanyak 13 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif sebanyak 2 kelas. Dimana kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan SETS, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Berdasarkan tes berpikir kritis pada kelas eksperimen persentase siswa yang berpikir kritis adalah 91,18% dan 8,82% siswa tidak kritis, sedangkan pada kelas kontrol persentase siswa yang berpikir kritis adalah 67,65% dan 32,35% siswa tidak kritis. Persentase siswa yang memiliki kreativitas pada kelas eksperimen adalah sebesar 82,35% dan 17,65% siswa kurang kreatif, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 38,24% dan 61,76% siswa kurang kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SETS lebih besar dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel atau 8,29 > 1,68, artinya ada interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan SETS terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol. Sehingga pendekatan SETS berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sih p |
Keywords: | SETS; Berfikir Kritis; Siswa; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10036 |