Sibarani, Abdon H. (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DIDUKUNG MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131022 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408131022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
408131022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
408131022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
408131022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408131022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408131022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408131022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408131022 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
408131022 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408131022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) didukung media power point terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal kelas XI IPA sebanyak dua kelas dengan rata-rata jumlah siswa 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes. Yang mana dari 40 soal yang divalidkan, dan diperoleh soal yang valid sebanyak 25 soal dengan reliabilitas soal adalah rhitung=0,89 > rtabel= 0,374. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan ,terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS ( think pair share ) didukung media power point terhadap hasil belajar kimi siswa pada pokok bahasan sistem koloid, yang mana rata-rata hasil belajar dan gain yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS berturut-turut adalah 78,74 dan 66,91% sedangkan hasil belajar kimia dan gain yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 73,02 dan 59,24%, yang mana terdapat selisis gain sebesar 7,67%. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t pihak kanan , dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 3,167 > ttabel = 1,669 pada taraf α = 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sib p |
Keywords: | Kooperatif; TPS; Media Power Point; Hasil Belajar Kimia; Siswa ; Koloid |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10024 |