Tobing, Marisa Mardiana (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK ENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310014 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
081244310014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
081244310014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
081244310014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
081244310014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
081244310014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081244310014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081244310014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
081244310014 BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
081244310014 BAB V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
081244310014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Media Animasi Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada materi sistem Koloid di SMA Negeri I Gebang pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Gebang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan TAI dengan Media animasi flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan TAI tanpa Media animasi flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,765±0,068 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,606±0,0679.. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (9,353 > 1,6706) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Media Animasi Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media Animasi Flash dalam pembelajaran Kooperatif tipe TAI .Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran TAI dengan Media Animasi Flash memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran TAI tanpa Media Animasi Flash. Dan Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 76,5% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 60,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Tob p |
Keywords: | Media Animasi Flash; TAI; Hasil Belajar Kimia; Koloid |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10021 |