PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Butarbutar, Florentina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123131037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123131037 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123131037 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123131037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123131037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123131037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123131037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123131037 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123131037 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123131037 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123131037 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123131037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NM 4123131037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NM 4123131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123131037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123131037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi
belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak empat kelas sedangkan sampel
penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan
model direct instruction menggunakan media e-learning dan kelas kontrol diberi
perlakuan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning.
Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid.
Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil
yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji
hipotesis untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t-satu Pihak
(pihak kanan) dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05)
menunjukkan bahwa thitung > ttabel (10 > 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan
demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi
daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan model direct instruction tanpa
menggunakan media e-learning pada materi larutan penyangga. Uji hipotesis yang
sama dilakukan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar siswa. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel (2.5815> 1.67) maka Ho ditolak, Ha
diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa yang
dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih
tinggi dibandingkan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media elearning
pada materi larutan penyangga. Uji korelasi dilakukan untuk mengukur
hubungan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,377 > 0,355) maka Ho ditolak, Ha
diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara motivasi dan peningkatan
hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan
media e-learning dan tanpa menggunakan media e-learning pada materi larutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 029
Keywords: Motivasi Belajar; Media Pembelajaran; Larutan Penyangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:26
Last Modified: 09 Aug 2016 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item
View Item