PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI SMA/MA

Putra, Hendra Eka (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN TESIS(1).pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TESIS(1).pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR FORMAL.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR FORMAL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum interaktif yang standar untuk siswa kelas XI SMA/MA semester I pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di sekolah, seluruh guru kimia di SMA se-Sumetra Utara, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di SMAN 2 Medan dan SMAN 3 Medan. Sampel penelitian diambil secara purpusive sampling. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (research and development). Langkah penelitian meliputi: (a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan di kelas XI semester I; (b) Pengembangan penuntun praktikum interaktif untuk materi hidrokarbon dan minyak bumi; (c) Validasi penuntun praktikum interaktif oleh guru dan dosen; dan (d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum interaktif dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum interaktif yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester I pada materi hidrokarbon dan minyak bumi telah layak/standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum interaktif untuk materi hidrokarbon dan minyak bumi terdiri dari percobaan uji reaksi pembakaran, membuat model molekul hidrokarbon, dan identifikasi fraksi minyak bumi. Standarisasi penuntun praktikum interaktif menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum interaktif dengan nilai rata-rata 4,22 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum yang ada disekolah (penuntun praktikum A = 3,58 dan penuntun praktikum B = 3,67). Uji coba dilakukan pada 2 percobaan yaitu : (1) identifikasi fraksi minyak bumi (materi percobaan yang mudah), dan (2) membuat model molekul hidrokarbon (materi percobaan yang sulit. Hasil uji coba menunjukakan bahwa implementasi penuntun praktikum interaktif yang dikembangkan memberikan hasil pemahaman siswa pada SMAN 2 Medan dan SMAN 3 Medan sangat tinggi pada percobaan identifikasi fraksi minyak bumi dengan rentang nilai 81-100 dan memberikan hasil pemahaman siswa yang tinggi pada percobaan membuat model molekul hirokarbon dengan rentang nilai 61-80.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 547.010 712 Put p
Keywords: Teori belajar; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Teknik evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:26
Last Modified: 22 Jul 2016 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item
View Item