PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN

Pardede, Yohanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5111144007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5111144007 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5111144007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5111144007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5111144007 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5111144007 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5111144007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5111144007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5111144007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5111144007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5111144007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5111144007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5111144007 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5111144007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5111144007 LIST OF ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5111144007 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5111144007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5111144007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5111144007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5111144007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5111144007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5111144007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar dasar kecantikan kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar dasar kecantikan kulit yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 71 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh skor rata-rata 77,86 dengan standar deviasi 6,82 dengan tingkat kecenderungan nilai siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 69,4%. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 60,91 dan standar deviasi 8,12 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori cukup sebanyak 74,3%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,529 dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,995. Maka nilai thitung > ttabel atau 9,529 > 1,995 berarti Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai pada Bidang studi Dasar Kecantikan Kulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 rias 019
Keywords: Model Pembeljaran; kecantikan Kulit; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:44
Last Modified: 15 Jun 2016 01:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item
View Item