PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA SMP

Sitio, Hetdy (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172038 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8136172038 Cover.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172038 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8136172038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172038 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8136172038 Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172038 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8136172038 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172038 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8136172038 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172038 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8136172038 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172038 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8136172038 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172038 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8136172038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8136172038 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8136172038 Bab I.pdf - Published Version

Download (961kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8136172038 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8136172038 Bab V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8136172038 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8136172038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan tingkat ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (2) mendeskripsikan tingkat ketuntasan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (3) mendeskripsikan tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah; (4) mendeskripsikan aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah dan (5) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Siantar, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-1 dan VII-2 yang masing- masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes komunikasi matematik siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,835. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh dari hasil daya serap siswa secara klasikal sebesar 88,57%; (2) tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah yaitu secara klasikal sebesar 85,71% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu 2,76 meningkat menjadi 3,06 pada ujicoba II. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek menggambar; (3) tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah sudah dapat dikatakan efektif, sebab rata-rata kemapuan guru mengelola telah mencapai kriteria minimal; (4) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (5) respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah sudah menunjukkan respon yang positip.Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sit p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 05:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item
View Item