Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Metode Daring dan Berfokus Pada Mathematical Power Siswa SMP Istiqlal Delitua

Hartono, Julian Andika (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Metode Daring dan Berfokus Pada Mathematical Power Siswa SMP Istiqlal Delitua. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166171030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166171030 COVER.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166171030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166171030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166171030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166171030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166171030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166171030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166171030 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166171030 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166171030 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166171030 TABELS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166171030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166171030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166171030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166171030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (908kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166171030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166171030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166171030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166171030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing dan berfokus pada Mathematical Power siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran; (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran; (3) Menganalisi keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembang; dan (4) Menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing dan berfokus pada Mathematical Power; (5) Menganalisis hasil tes kemampuan pemecahan matematis siswa yang dikaitkan dengan Mathematical Power siswa. Sasaran produk penelitian ini berupa perangkat pembelajaran Aritmatika Sosial kelas VII yang meliputi: Buku Panduan Guru, Buku Siswa, RPP, LKPD, dan Instrumen Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research) menggunakan model 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yakni : define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dengan metode observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Uji coba perangkat dilakukan secara daring di kelas VII sekolah SMP Istiqlal Delitua. Hasil penelitian pengembangan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing dengan fokus Mathematical Power menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dan guru dengan rata-rata tingkat kevalidan sebesar 4,71 dengan criteria valid; (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil observasi and analisis dengan persentase tingkat kepraktisan 89,94%; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan 86,49%; (4) Respons siswa positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing yang berfokus pada Mathematical Power dengan kelayakan perangkat mendapat hasil rata-rata total presentase 94,9%; (5) Hasil tes kemampuan pemecahan matematis siswa yang dikaitkan dengan Mathematical Power siswa menunjukkan skor rata-rata rata-rata tes 79,00 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 10,96, dengan koefisien reliabilitas tes 0,5741 dengan kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Penemuan Terbimbing dan berfokus pada Mathematical Power adalah valid, praktis, dan efektif, serta respons siswa terhadap penggunaan perangkat adalah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Har p
Keywords: Daya Matematis; Perangkat pembelajaran; Model Pengembangan Perangkat 4-D Thiagarajan; Aritmatika Sosial; SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 May 2021 19:23
Last Modified: 19 May 2021 19:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42169

Actions (login required)

View Item
View Item