Pengembangan Media Mobile Learning Terintegrasi Problem Based Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Santi, Nora (2019) Pengembangan Media Mobile Learning Terintegrasi Problem Based Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176141005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176141005 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176141005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176141005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176141005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176141005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176141005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176141005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176141005 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176141005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176141005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176141005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176141005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176141005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176141005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176141005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning untuk materi keseimbangan kimia; dan untuk mengetahui perbedaan antara peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran mobile learning (m- learning) terintegrasi problem based learning yang telah dikembangkan dengan media pembelajaran PowerPoint pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Pengembangan Penelitian) dengan model ADDIE. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 semester II program studi pendidikan kimia yang mengambil mata kuliah dasar ilmu kimia semester genap 2018/2019 di Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dalam kursus kimia dasar FMIPA UNIMED departemen semester 2 yang memiliki 25 siswa untuk setiap kelas. Instrumen penelitian adalah angket motivasi dan tes objektif. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan analisis statistik dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Mobile Learning yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan tetapi masih perlu direvisi dan dikembangkan, (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa (N-gain siswa) untuk materi kesetimbangan kimia yang dipelajari menggunakan media Mobile Learning yang telah dikembangkan di kelas eksperimen I ditemukan lebih tinggi daripada di kelas eksperimen II dengan media power-point (74%> 63%).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: 540.071 San p
Keywords: pembelajaran mobile learning; pembelajaran berbasis masalah (pbl); keseimbangan kimia; prestasi belajar mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 10:23
Last Modified: 12 Mar 2020 10:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38913

Actions (login required)

View Item
View Item