PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUMATERA UTARA

Batubara, Lenni Afriani (2011) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809215014 - JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. 809215014 - JUDUL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809215014 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 809215014 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809215014 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 809215014 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809215014 - KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 809215014 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809215014 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 809215014 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809215014 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 809215014 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809215014 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 809215014 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809215014 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 809215014 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809215014 - BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 809215014 - BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809215014 - BAB V.pdf]
Preview
Text
10. 809215014 - BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809215014 - DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. 809215014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran model lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan media pembelajaran gambar. (2) hasil belajar anatomi mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual.(3) ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar anatomi mahasiswa program studi S-1 keperawatan STIKes SUMUT. Peneltian ini dilaksanakan di STIKes SUMUT semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 yang berjumlah 135 orang yaitu kelas IIA, IIB dan IIC. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling yang terdiri 45 mahasiswa kelas IIA untuk media pembelajaran model dan 45 mahasiswa kelas IIB untuk media pembelajaran gambar. Instrumen penelitian berbentuk tes yang terdiri dari tes hasil belajar anatomi dan gaya belajar. Tes gaya belajar menggunakan tes gaya belajar yang dikembangkan oleh Bobbi De porter yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengklasifikasi gaya belajar mahasiswa yaitu gaya belajar visual dan kinestetik. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Tehnik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5 % (&#945; = 0,05) sebelum analisi varians (ANAVA) dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu normalitas data dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F dan uji Barlett dan dilanjutkan dengan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar anatomi yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran model lebih tinggi dari pada hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran gambar dengan Fhitung = 9,81 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 %. (2) hasil belajar anatomi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual sama dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan Fhitung = 0,889 < Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 %. (3) terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar anatomi dengan Fhitung = 49,706 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Bat p
Keywords: Media pembelajaran; Gaya belajar visual; Gaya belajar kinestetik; Media model; Media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 06:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item
View Item