PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GOTONG ROYONG PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

TANJUNG, IRA ANGGRAINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GOTONG ROYONG PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 2153111018 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2153111018 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2153111018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2153111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2153111018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2153111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2153111018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2153111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2153111018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2153111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2153111018 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2153111018 TABLES.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2153111018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2153111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2153111018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2153111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2153111018 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2153111018 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Melengkapi Unsur-unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020. Program Studi Bahasa Indonesia/S1. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar berjumlah 129 orang dan menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita dalam bentuk essay. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita sebagai berikut: 1) Kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan model pembelajaran scramble (pre-test) dengan nilai rata-rata = 58,38 Standar Deviasi = 3,10 dan Standar Error = 0,55, 2) Kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran scramble (post-test) dengan nilai rata-rata = 76,71 Standar Deviasi = 6,34 dan Standar Error = 1,14, 3) Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 IND 191
Keywords: Kemampuan, melengkapi, teks berita, model scramble
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:22
Last Modified: 11 Feb 2020 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36886

Actions (login required)

View Item
View Item