PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI YPI SMP HIKMATUL FADHILAH MEDAN

Siregar, Rahma Hayati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI YPI SMP HIKMATUL FADHILAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0809715017 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
0809715017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 0809715017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
0809715017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 0809715017 Dafatr Isi.pdf]
Preview
Text
0809715017 Dafatr Isi.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 0809715017 Bab I.pdf]
Preview
Text
0809715017 Bab I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 0809715017 Bab V.pdf]
Preview
Text
0809715017 Bab V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 0809715017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
0809715017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan peningkatan penalaran formal siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran biasa. (2) Mengetahui perbedaan sikap siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran biasa. (3) Mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan penalaran formal matematika siswa. (4) Mengetahui mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah.(5) Mengetahui pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII di YPI SMP Hikmatul Fadhilah Medan. Instrumen yang digunakan tes kemampuan penalaran formal matematis, angket skala sikap. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas tes kemapuan penalaran formal sebesar 0,84. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji t dan analisis varians (Anava) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan penalaran formal siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan pembelajaran biasa, dimana dengan pembelajaran berbasis masalah dapat lebih meningkatkan kemampuan penalaran formal matematis siswa dibanding dengan pembelajaran biasa. (2) Terdapat perbedaan sikap siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti dengan pembelajaran biasa, dimana dengan pembelajaran berbasis masalah siswa lebih bersikap positif dibanding dengan pembelajaran biasa. (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan penalaran formal matematika siswa (4) Kemampuan penalaran formal matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik yaitu dengan persentase ketuntasan sebesar 100%.(5) Pola jawaban siswa pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pengajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penalaran formal matematis siswa dan sikap postif siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sir p
Keywords: Penalaran formal; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran biasa; Matematika; Sikap positif; Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Feb 2017 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item
View Item