PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERDASARKAN GENDER SISWA

Khairunnisa, - (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERDASARKAN GENDER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 809171028 COVER.pdf]
Preview
Text
809171028 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
809171028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
809171028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
809171028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
809171028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 BAB I.pdf]
Preview
Text
809171028 BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 BAB V.pdf]
Preview
Text
809171028 BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 809171028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
809171028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan open-ended lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pendekatan open-ended lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender siswa melalui pendekatan open-ended, (4) mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan gender siswa melalui pendekatan open-ended, (5) mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan penalaran, (6) mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah Kota Medan yang berakreditasi A. Sampel diambil dari dua sekolah yang dipilih secara acak dari populasi yaitu siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pendekatan open-ended dan siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Muhammadiyah 7 Medan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan berpikir kreatif. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reliabilitas 0,7021 untuk kemampuan penalaran dan 0,6188 untuk kemampuan berpikir kreatif. Analisis data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Gender laki-laki dan perempuan memiliki peningkatan kemampuan penalaran yang sama pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended, (4) Gender laki-laki dan perempuan memiliki peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang sama pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended, (5) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender siswa terhadap kemampuan penalaran, dan (6) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif.Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan open-ended pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan berpikir kreatif siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. (2) Diharapkan guru matematika dapat menciptakan suasana belajar yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Kha p
Keywords: Penalaran; Kreativitas; Berpikir kreatif; Pendekatan open-ended; Gender; Matematika
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 01 Feb 2017 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item
View Item