PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERBASIS IT DAN METODE CERAMAH KONVENSIONAL PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.A 2017/2018

OMPUSUNGGU, PORMAN TRIAVENA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERBASIS IT DAN METODE CERAMAH KONVENSIONAL PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3142131021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3142131021 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3142131021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3142131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3142131021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3142131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3142131021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3142131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3142131021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3142131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3142131021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3142131021 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3142131021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3142131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3142131021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3142131021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3142131021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3142131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3142131021 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3142131021 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3142131021 BILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3142131021 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah berbasis IT pada materi hidrosfer. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer. (3) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah berbasis IT dengan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer di kelas X IPS SMA Negeri 3 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pematangsiantar tahun 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan metode ceramah berbasis IT dan X IPS 4 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 69,61 dengan standar deviasi 17,14, (2) nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83,67 dengan standar deviasi 8,12. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah berbasis IT dan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer di kelas X IPA SMA Negeri 3 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Berdasarkan hasil uji statisik t hitung > t tabel (4,48 > 1,66864) dengan dk 65 pada taraf ɑ = 0,05 maka dinyatakan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 GEO 085
Keywords: Ceramah,berbasis IT, Konvensional, dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:49
Last Modified: 21 Feb 2020 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34354

Actions (login required)

View Item
View Item