PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Siregar, Hariani (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166141006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166141006 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166141006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166141006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166141006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166141006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166141006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166141006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166141006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166141006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166141006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelayakan media pembelajaran
kimia materi hidrolisis garam yang telah digunakan di SMA sesuai BSNP;
memperoleh media pembelajaran kimia interaktif yang dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa yang dikembangkan telah sesuai dengan BSNP
dan interaktif; mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap
media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk
penelitian pengembangan (research and development) dengan model
pengembangan Analysis–Design–Development–Implementation–Evaluation.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA T.A 2017/2018.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini
adalah dua kelas yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan siswa kelas XI IPA 3 masing –
masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari
BSNP, angket penilaian pengembangan media pembelajaran interaktif, tes
objektif hasil belajar yang valid dan reliable, lembar motivasi. Teknik analisis
yang digunakan teknik Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada
program SPSS 17.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: media pembelajaran
dengan menggunakan Powerpoint yang digunakan di SMA pada materi hidrolisis
garam dengan nilai rata – rata 2,99 memiliki kategori cukup layak untuk
digunakan berdasarkan BSNP, namun ada beberapa komponen dari media
tersebut yang perlu dikembangkan; media pembelajaran yang telah dikembangkan
dengan menggunakan program Adobe Flash pada pokok bahasan hidrolisis garam
dengan nilai rata – rata 3,76 berdasarkan BSNP, hal ini diperkuat dengan
penilaian pengembangan media interaktif sesuai dengan Standar Isi yang
ditetapkan oleh tim ahli dengan nilai rata – rata 4,68 sehingga sangat layak untuk
digunakan dalam pembelajaran kimia; terdapat perbedaan hasil belajar melalui
multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan media
pembelajaran powerpoint berbasis Direct Instruction (p = 0,000); terdapat
perbedaan hasil belajar melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis
Problem Based Learning dan media pembelajaran powerpoint berbasis Direct
Instruction pada tingkat motivasi tinggi dan rendah (p = 0,000); terdapat interaksi
yang signifikan antara penggunaan kedua media pembelajaran dengan tingkat
motivasi terhadap peningkatan hasil belajar (p = 0,008).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 547 Har p
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa, Hidrolisis Garam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:12
Last Modified: 09 Mar 2019 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33180

Actions (login required)

View Item
View Item