PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA SMA BUDI MURNI 2 MEDAN

Siahaan, Ratna Kelementina (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA SMA BUDI MURNI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188910025 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188910025 Pengantar.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188910025 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188910025 Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188910025 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188910025 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188910025 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188910025 Bab I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188910025 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188910025 Bab V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188910025 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188910025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD, NHT dan pembelajaran Tradisional berbasis media visualterhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia danhewan. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT danpembelajaran Tradisional berbasis media visual terhadap kecakapan sosial siswapada materi sistem peredaran darah pada manusia dan hewan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA BudiMurni 2 Medan Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukansecara acak sebanyak 3 kelas dengan jumlah 120 orang. Kelas perlakuanditentukan dengan melakukan pengundian dari tiga kelas tersebut, sehinggadiperoleh 2 (dua) kelas eksperimen yaitu: kelas XI IPA1 diberi perlakuan denganpembelajaran STAD, dan XI IPA2 diberi perlakuan dengan pembelajaran NHT,sedangkan kelas XI IPA3 untuk kontrol diberi perlakuan pembelajaran tradisional.Instrumen untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihanganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 28 soal. Untuk mengukurkecakapan sosial siswa digunakan angket dengan 4 pilihan jawaban yang terdiridari 20 soal. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengandesain Pretest-Postest Kontrol Group. Teknik analisa data menggunakan ANAVAsate jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh yangsignifikan antara hasil belajar STAD berbasis media visual, hasil belajar NHTberbasis media visual dan hasil belajar tradisional berbasis media visual, denganp =-- 0,000 < 0,05 dan diperolehnya F --- 9,111. (2)Terdapat pengaruh yangsignifikan terhadap kecakapan sosial STAD berbasis media visual, kecakapansosial NHT berbasis media visual dan kecakapan sosial tradisional berbasismedia visual dengan p = 0,000 < 0,05 dan diperoleh F = 31,199.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 574.071 Sia p
Keywords: Pembelajaran Biologi; Kecakapan Sosial; Kooperatif;Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 Apr 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item
View Item