PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

PANJAITAN, LAMTIAR (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1142113014_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1142113014_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1142113014_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1142113014_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1142113014_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1142113014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1142113014_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1142113014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1142113014_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1142113014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1142113014_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1142113014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1142113014_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1142113014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1142113014_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1142113014_BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1142113014_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1142113014_BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1142113014_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1142113014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam
mengenal konsep bilangan ditandai dengan adanya anak yang belum mampu
menyebutkan urutan bilangan (angka) 1-10, ada anak yang belum mampu
membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda)
1-10, ada anak yang belum mampu menghubungkan/ memasangkan lambang
bilangan dengan benda-benda 1-10, ada anak yang belum mampu membedakan dan
membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, dan lebih banyak serta lebih
sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak
dalam mengenal konsep bilangan setelah menggunakan media gambar di TK Santa
Lusia Medan tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain Pre-
Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas TK A yang berjumlah 31 orang anak dengan
sampel sebanyak 16 0rang anak. tehnik pengumpulan data menggunakan uji
homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis (Uji-t).
Hasil analisis data observasi akhir kemampuan mengenal konsep bilangan
pada anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai (1,5027) <
nilai (2,195) (homogen). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf
nyata α = 0,05 diperoleh (2,44) > (1,74). Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
gambar terhadap kemampuan mengenal kosep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK
Santa Lusia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PAUD 085
Keywords: media gambar, mengenal konsep bilangan, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:31
Last Modified: 03 Dec 2018 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31311

Actions (login required)

View Item
View Item