PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 4 TANJUNG BALAI

Amand, Darul (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 4 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136172016  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136172016 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136172016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136172016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136172016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136172016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136172016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136172016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136172016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136172016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136172016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136172016 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136172016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136172016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136172016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136172016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8136172016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8136172016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136172016 BILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136172016 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan
kemampuan representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis
masalah menggunakan Autograph dengan siswa yang diberikan pembelajaran
berbasis masalah tanpa menggunakan Autograph. (2)Untuk mengetahui perbedaan
motivasi siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah menggunakan
Autograph dengan siswa yang diberikan pembelajaran berbasis masalah tanpa
menggunakan Autograph (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan
representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah
menggunakan Autograph dengan siswa yang diberikan pembelajaran berbasis
masalah tanpa menggunakan Autograph ditinjau dari kemampuan awal siswa
tinggi, sedang dan rendah (4) Untuk mengetahui interaksi antara model
pembelajaran berbasis masalah menggunakan autograph dengan kemampuan
awal matematika anak terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMK Negeri 4 Tanjung Balai dan mengambil 2 sampel kelas XI
SMK Negeri 4 Medan secara acak dari 4 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan
model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dan kelas eksperimen 2
diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan autograph.
Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan representasi matematika dan
(2) Angket motivasi.
Analisis data digunakan uji-t pada  = 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi
dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diberi
pembelajaran berbasis masalah menggunakan Autograph dengan siswa yang
diberikan pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan Autograph. (2)
Terdapat perbedaan motivasi siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah
menggunakan Autograph dengan siswa yang diberikan pembelajaran berbasis
masalah tanpa menggunakan Autograph (3) Terdapat perbedaan kemampuan
representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah
menggunakan Autograph dengan siswa yang diberikan pembelajaran berbasis
masalah tanpa menggunakan Autograph ditinjau dari kemampuan awal siswa
tinggi, sedang dan rendah (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran
berbasis masalah menggunakan autograph dengan kemampuan awal matematika
anak terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.285 Ama p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Representasi Matematika, dan Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:00
Last Modified: 13 Sep 2018 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30904

Actions (login required)

View Item
View Item